8 Rekomendasi Makanan yang Tahan Lama


Menjadi ibu rumah tangga dan juga wanita karir bisa dikatakan mudah sekaligus sulit. Dengan waktu istirahat terbatas, Anda masih perlu menghabiskan waktu memasak untuk keluarga. Jadi, agar Anda tidak memasak setiap hari, Anda bisa menyiapkan stok makanan olahan yang praktis dan tahan lama. Berikut ini 8 rekomendasi makanan yang tahan lama yang bisa Anda masak.

1. Abon

Abon adalah olahan daging yang kemudian dicincang dan dibumbui. Perlu Anda ketahui, kalau abon tidak selalu terbuat dari daging sapi. Anda bisa membuat abon dari berbagai olahan daging, seperti ayam atau ikan. Abon juga memiliki berbagai rasa, seperti original atau pedas, tergantung selera Anda. Siapkan saja nasi hangat, lalu taburi dengan abon dan makanan Anda siap dimakan.

2. Dendeng

Dendeng adalah salah satu hidangan praktis dan tahan lama jika digunakan sebagai stok lauk. Dendeng itu sendiri adalah daging yang diiris tipis yang kemudian diawetkan menggunakan metode pengeringan. Karena itu, dendeng yang Anda buat dapat bertahan lebih lama meskipun tidak Anda masukkan kedalam lemari pendingin.

3. Kering Kentang

Makanan praktis dan tahan lama berikutnya adalah kentang kering, yang disajikan dengan bumbu manis dan pedas. Untuk mengolahnya, Anda bisa memotong kentang menjadi irisan tipis dan kemudian mencampurnya dengan bumbu goreng dengan sedikit minyak. Setelah ditiriskan, kentang dapat langsung disimpan dalam wadah tertutup.

4. Sarden

Sarden adalah ikan yang diolah serta juga diawetkan dan dikemas ke dalam kaleng. Sarden juga sangat mudah dan praktis dalam pengolahannya, Anda hanya perlu memasak sarden dan tambahkan cabai atau potongan tomat dan garam secukupnya untuk menambah citarasa. Anda dapat menikmati sarden dengan nasi hangat untuk membuatnya lebih enak.

5. Kering Kentang

Selain kering kentang, Anda juga bisa menghasilkan makanan kering lainnya seperti kering tempe. Dalam membuat kering tempe, terkadang dicampur dengan kacang dan ikan teri, untuk menambah citarasa, agar keluarga Anda tidak mudah bosan. Seperti kering kentang, kering tempe juga harus disimpan dalam wadah kering yang tertutup rapat agar lebih tahan lama.

6. Kornet

Kornet atau daging cincang olahan yang diawetkan, akan tetap stabil saat disimpan dalam kondisi  ditutup yang rapat dan di tempat yang kering. Berkat adanya daging kornet, Anda dapat menyiapkan hidangan sederhana seperti nasi goreng, telur goreng, telur goreng kornet, dan tentu saja ada banyak menu lain yang bisa disiapkan dengan mudah menggunakan daging kornet.

7. Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Berikutnya adalah olahan ayam ungkep dengan bumbu kuning. Selain praktis, ayam yang diolah dengan cara seperti ini mempunyai citarasa yang lezat dan juga sehat untuk konsumsi keluarga. Agar lebih tahan lama, masukkan ayam olahan dalam wadah tertutup lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Anda bisa menggorengnya kapanpun saat Anda mau ayam goreng.

8. Telur Asin

Telur asin adalah olahan telur yang diawetkan melalui proses pengasinan. Anda bisa menyimpannya sebagai telur rebus atau mentah, jangan khawatir karena telur asin bisa bertahan lebih lama dari telur biasa walaupun sudah matang. Jika Anda menyimpan telur asin rebus pada suhu kamar, telur asin akan mampu bertahan selama 2-3 hari.
Selain praktis untuk proses pengolahannya atau membuat makanan yang tahan lama. Anda juga akan lebih mudah lagi saat akan menyiapkan masakan untuk keluarga di rumah, ditengah kesibukan Anda sebagai wanita karir. Namun, yang tetap harus Anda perhatikan menyiapkan menu olahan lain agar keluarga Anda tidak jenuh dengan menu yang sama setiap makan.

Belum ada Komentar untuk "8 Rekomendasi Makanan yang Tahan Lama "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel