Penyebab Umum Gangguan Dismorfik Tubuh


Ketika seseorang merasa cemas dengan bentuk serta ukuran tubuhnya secara berlebihan, dapat dipastikan bahwa orang tersebut menderita gangguan mental yaitu gangguan dismorfik tubuh, penyebab gangguan dismorfik tubuh juga belum diketahui penyebab pastinya, namun penderita akan selalu merasa cemas dengan tubuhnya sendiri.
Nusantaranews.co
Gangguan mental dismorfik tubuh bisa menyerang semua orang mulai dari usia 15 hingga 30 tahun, bahkan tak jarang juga sampai pada usia lanjut. Gangguan ini menyebabkan penderitanya menjadi cemas berlebihan dan tak terkontrol, selalu merasa ada yang kurang pada dirinya.
Berikut ini akan dijelaskan definisi dari gangguan dismorfik tubuh serta penyebab umum terjadinya gangguan dismorfik tubuh yang dapat menyerang pria maupun wanita.
Pengertian Body Dysmorphic Disorder ( BDD )
Gangguan body dysmorphic disorder atau gangguan mental dismorfik tubuh. adalah keadaan psikologis dimana penderita akan merasa cemas pada bentuk dan penampilan tubuhnya. Penderita akan menganggap terdapat kelainan pada tubuhnya, yang mana hal tersebut ada yang memang nyata atau hanya sekedar mindset penderita saja.
Gangguan mental ini sering terjadi pada orang dengan rentan usia 15 sampai 30 tahun. Penderita akan merasa malu dan menganggap dirinya buruk, sehingga ia akan lebih memilih menjauhkan dirinya dari situasi sosial. Oleh karena itu banyak penderita yang akan menjalani operasi plastik untuk memperbaiki penampilannya.
Rasa cemas yang muncul dari gangguan mental ini bukan berpusat pada berat badan atau bentuk tubuh secara keseluruhan, melainkan merasa ada yang kurang pada bagian tubuh tertentu. Seperti bentuk hidung, rambut yang rontok, kulit yang keriput, paha yang besar dan kekurangan fisik lainnya.
Istilah gangguan ini pertama kali muncul pada tahun 1866 oleh seorang doktor Italia bernama Morselli kata Dysmorphic sendiri berasal dari kata Dysmorphophobia yaitu berasal dari bahasa Yunani. Setelah itu istilah ini dipopulerkan oleh American Pyschiatric Calssification dan namanya menjadi Body Dysmorphic Disorder ( BDD ).
Istilah dismorfik tubuh ini juga pernah dikenal dengan sebutan Wolf Man, dimana terdapat penderita yang cemas dengan bentuk hidungnya yang mancung dan panjang seolah ia terlihat seperti serigala. Penderita tersebut merasa cemas sekali dengan bentuk hidungnya tersebut hingga ia didiagnosa menderita gangguan mental dismorfik tubuh ini.
Penyebab Umum Gangguan Dismorfik Tubuh
Belum jelas apa yang  menjadi penyebab gangguan dismorfik tubuh  ini bisa terjadi, namun terdapat beberapa penyebab atau faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gangguan ini .
Faktor genetik, menjadi penyebab yang paling umum. Apabila dalam suatu keluarga terdapat orang yang menderita gangguan ini, kemungkinan gangguan mental ini dapat menurun ke anggota keluarga lainnya. Namun belum ada info yang pasti mengenai apakah faktor genetik benar - benar bisa menyebabkan gangguan ini.
Faktor kelainan struktur otak, juga bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan ini. Kelainan pada otak serta senyawa - senyawa yang terdapat di dalamnya bisa menjadi penyebab munculnya gangguan mental dismorfik tubuh ini.
Faktor lingkungan, adanya pengaruh negatif dari lingkungan terhadap seseorang bisa menjadi salah satu pemicu gangguan mental ini, pengalaman buruk atau trauma bisa menimbulkan seseorang menjadi penderita gangguan dismorfik tubuh.
Beberapa faktor tersebut menjadi penyebab umum yang sering terjadi pada penderita gangguan dismorfik tubuh ini.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian serta penyebab umum  gangguan dismorfik tubuh  yang dapat terjadi pada setiap orang.
Referensi :
https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/body-dysmorphic-disorder/
Alodokter.com/gangguan-dismorfik-tubuh
Hellosehat.com/penyakit/body-dysmorphic-disorder/amp/


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Umum Gangguan Dismorfik Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel