Tips Memilih Bahan Railing Tangga dengan Mempertimbangkan Daftar Harga Railing Tangga



Railing berarti rel atau pagar pembatas yang umum digunakan untuk menyebut batas pagar tangga, balkon, maupun pembatas lantai bagian atas yang terbuka terhadap sisi luar. Sisi luar yang dimaksud biasanya merupakan sisi tepi. Railing berfungsi sebagai penjamin keamanan bagi penghuni rumah, tidak terkecuali railing tangga. Tergantung fungsinya, ketinggian railing berbeda-beda, namun intinya railing harus dapat memenuhi fungsi utamanya yaitu sebagai pagar pembatas yang dapat menjamin keamanan penghuni rumah.

Railing untuk tangga memiliki fungsi sebagai pembatas tepi tangga sekaligus sebagai pegangan tempat tumpuan bagi seseorang saat menaiki atau menuruni anak tangga. Railing pada tangga memiliki standar ketinggian tertentu untuk menjamin keamanan penghuni rumah, yaitu 90 cm. Penggunaan motif untuk variasi dapat menggunakan motif garis vertikal maupun horisontal atau dapat juga dengan motif ornamen. Namun, aspek keamanan harus menjadi prioritas utama sehingga sangat disarankan agar tidak ada sudut yang meruncing pada batang pegangan. Dengan kata lain, sangat disarankan agar batang pegangan dibuat dengan desain tumpul sehingga nyaman untuk digenggam. Apabila terdapat lubang pada railing, jarak setiap batang railing maksimal 10 – 15 cm.

Selain railing untuk tangga, railing memiliki banyak jenis lain diantaranya railing balkon, hand railing dinding, dan railing void. Penjelasan tentang beberapa railing tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Railing balkon

Balkon merupakan bagian dari sebuah bangunan yang cenderung keluar dari bangunan dan terlihat menempel pada dinding bangunan. Karena sifatnya yang seperti inilah balkon cenderung terbuka sehingga membutuhkan pengaman seperti railing. Railing pada balkon memiliki fungsi sebagai pagar pengaman yang membatasi sisi luar dengan lantai balkon yang terbuka. Selain sebagai pagar pengaman, railing pada balkon juga berfungsi sebagai batas pegangan bagi penghuni rumah. Standar ketinggian railing pada balkon berbeda-beda tergantung dari jumlah lantai suatu bangunan. Apabila bangunan hanya memiliki dua lantai, tinggi railing minimal adalah 90 cm, sedangkan untuk bangunan yang memiliki lebih dari dua lantai, ketinggian railing balkon yang disarankan minimal 110 cm.

2.    Railing void

Railing void merupakan railing pembatas untuk bukaan lantai atas atau void, yang memberikan akses untuk melihat lantai bawah misalnya seperti void bangunan mall yang memberikan akses untuk melihat plaza mall di bawahnya. Standar ketinggian untuk railing void minimal 90 – 110 cm.

3.    Hand railing dinding

Hand railing dinding merupakan material yang menempel pada dinding di samping tangga yang berfungsi sebagai pegangan saat penghuni rumah menaiki dan menuruni tangga. Standar ketinggian untuk hand railing dinding sama dengan standar ketinggian railing pada tangga yaitu minimal 90 cm.

Bahan untuk membuat railing bermacam-macam. Namun, karena berfungsi sebagai pagar pembatas yang diguanakan untuk menjamin keamanan penghuni rumah, bahan yang digunakan untuk membuat railing harus dipilih dengan hati-hati dan pertimbangan yang matang. Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan penduan dalam memilih bahan railing untuk rumah Anda:

1.    Material yang kuat dan tahan lama

Memiliki sifat yang kuat merupakan syarat utama yang harus dipenuhi suatu bahan untuk membuat railing. Ini karena railing merupakan komponen bangunan yang harus dapat menjamin keamanan penghuni rumah baik railing untuk balkon, railing pembatas lantai maupun railing untuk tangga. Selain sifat yang kuat, sebaiknya pilih bahan yang tahan lama sehingga Anda tidak perlu terlalu sering untuk mengganti railing.

2.    Ketebalan bahan

Ketebalan bahan untuk membuat railing merupakan aspek yang harus diperhatikan mengingat hal ini menyangkut keamanan penghuni rumah. Sangat disarankan untuk memilih bahan yang relatif tebal untuk membuat railing sehingga railing yang dihasilkan lebih kokoh dan aman dijadikan pembatas.

3.    Material yang tidak mudah rusak

Pilihlah bahan yang tidak mudah rusak maupun lapuk untuk membuat railing. Apabila menggunakan bahan seperti kaca, sebaiknya pilih bahan kaca yang memenuhi standar keamanan serta kekuatan yang memadai.

4.    Teknik pemasangan yang benar

Teknik pemasangan akan berpengaruh terhadap keamanan suatu railing. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan sistem paku karena keamanannya kurang terjamin. Sebaiknya menggunakan sistem tanam di dinding atau di lantai, sistem baut dynabolt atau menggunakan besi angkur atau anker yang ditanam kemudian di las.

5.    Perhatikan desain yang aman

Sangat direkomendasikan menggunakan desain yang aman, terutama jika di dalam rumah terdapat anak-anak. Dengan begitu, keamanan setiap anggota keluarga baik anak-anak maupun dewasa dapat terjamin.

Di antara berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat railing pada tangga, bahan stainless steel merupakan salah satu bahan yang memiliki banyak kelebihan mulai dari memberikan kesan elegan dan mewah pada rumah, memberikan rasa nyaman hingga memberikan kemudahan dalam hal perawatan. Bahan stainless memberikan kesan yang menarik dan mengkilap yang dapat menghindarkan penghuni rumah dari rasa bosan. Permukaan stainless yang halus dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah saat menaiki maupun menuruni tangga. Selain itu, perawatan railing yang berbahan stainless juga mudah karena bahan ini lebih mudah dibersihkan dibanding bahan lain.


Harga railing tergantung pada bahan yang digunakan. Semakin bagus bahan yang digunakan untuk membuat railing, semakin tinggi pula harga railing. Selain dipengaruhi oleh bahan baku pembuatannya, desain railing juga mempengaruhi harga. Semakin bagus dan rumit desain sebuah railing, semakin mahal pula harganya. Cara tercepat untuk mengetahui harga railing untuk tangga adalah dengan melihat daftar harga railing tangga.


Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Bahan Railing Tangga dengan Mempertimbangkan Daftar Harga Railing Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel