5 Hal Penting Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menurut Kadin


Sumber : inspiratorfreak.com
SDM unggul adalah kunci kemajuan suatu bangsa. Untuk mencapai kemajuan ini Indonesia terus melakukan pembaharuan dalam berbagai bidang termasuk meningkatkan kualitas SDM. Melalui Kadin Indonesia, diharapkan peningkatan SDM ini bisa dilakukan dengan cepat guna menghadapi revolusi industri yang akan datang.
Untuk mewujudkan SDM unggul bisa dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan dan memperbaiki berbagai sistem yang ada di Indonesia. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan SDM yang unggul, yaitu:

1. Mengadakan Pelatihan Untuk Fresh Graduate dengan Memaksimalkan BLK

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan untuk fresh graduate. Sebenarnya pemerintah sudah menyediakan program BLK atau Bina Latihan Kerja untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat. Namun sayangnya banyak orang yang belum mengetahui mengenai hal ini.
Keberadaan BLK sangat membantu dalam mewujudkan SDM yang unggul. BLK memberikan pelatihan secara gratis selama kurang lebih 3 bulan bagi semua masyarakat. Sasaran utama BLK adalah anak-anak yang baru lulus SMP dan SMA. Ada banyak program BLK yang bisa diikuti sesuai dengan minat dan bakatnya.
Tidak hanya pelatihan, BLK juga menyediakan modal untuk siswa yang sudah selesai melakukan pelatihan. Diharapkan dengan modal ini bisa membuka usaha sendiri sesuai dengan bidang pelatihan yang diikuti.

2. Memaksimalkan Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi berupa SMK dan Politeknik harus semakin dimaksimalkan. Pemerintah harus lebih gencar lagi mempromosikan SMK dan Politeknik. Hal ini dikarenakan lulusan pendidikan vokasi mempunyai kemampuan yang lebih.
Selama menempuh pendidikan SMK dan politeknik, siswa tidak hanya belajar pengetahuan saja tapi juga langsung terjun dalam dunia kerja. Dengan sistem pendidikan kerja ini maka anak akan lebih mengenal dunia kerja. Bisa dipastikan jika anak lulusan SMK lebih banyak dicari oleh perusahaan.

3. Memperbaharui Kurikulum yang Berlaku

Pemerintah juga harus memperbaharui kurikulum yang berlaku saat ini. Fokuskan kurikulum untuk meningkatkan kualitas SDM anak. Kecerdasan kognitif memang penting tapi kecerdasan emosional dan kemampuan untuk melakukan tindakan juga lebih penting.
Kurikulum pendidikan diharapkan bisa lebih fokus untuk membentuk karakter anak. Untuk membentuk karakter anak ini harus dilakukan dengan menanamkan pendidikan moral dan agama. Praktek langsung ketika proses pembelajaran juga diperlukan agar anak dapat merasakan pengalaman langsung apa yang sedang dipelajarinya.

4. Mengadakan Diklat Kompetensi

Diklat untuk meningkatkan kompetensi juga perlu untuk dilakukan. Seminar atau diklat ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tambahan bagi masyarakat. Dengan adanya diklat maka pengetahuan dan wawasan lebih terbuka sehingga kualitas SDM juga bisa lebih maju.
Diklat kompetensi ini bisa dilakukan sesuai dengan profesi. Misalnya saja diklat untuk profesi guru, pedagang, nelayan, dan sejenisnya.

5. Menyebarkan Semangat Kewirausahaan

Semangat untuk berwirausaha juga harus terus disebarkan. Untuk menyebarkan semangat kewirausahaan bisa dilakukan dengan mengadakan kompetisi di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.
Semangat kewirausahaan juga bisa dilakukan dengan memberikan pelajaran kewirausahaan di semua jenjang pendidikan. Namun pembelajaran kewirausahaan ini diharapkan lebih ke praktek agar menarik peserta didik. Praktek kewirausahaan lebih menarik minat siswa. Selain itu, juga termasuk pembelajaran langsung yang bisa meningkatkan kualitas SDM.
Dengan lima cara di atas bisa dipastikan SDM yang dimiliki oleh Indonesia akan menjadi SDM yang unggul. SDM yang unggul akan membuat Indonesia semakin maju dan mampu bersaing di pasar global. Kadin akan selalu menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat agar tercipta SDM yang unggul dalam segala bidang.


Belum ada Komentar untuk "5 Hal Penting Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menurut Kadin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel