Cara Mengatasi Error Mbr Di Windows 7, Vista Dan Xp

Terkadang kita mendapati sistem pada MBR (Master Boot Record) sanggup jadi lantaran sistemnya yang corrupt atau juga virus di komputer sehingga mengakibatkan kerusakan MBR pada hardisk itu sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi error MBR di Windows 7, Vista dan XP? Tenang saja, lantaran Anda akan mendapat solusinya di sini. Biasanya sering terjadi error in loading operating system, missing operating system, dan invalid partition table.


Kesalahan-kesalahan ini terjadi biasanya disebabkan komputer mempunyai 2 atau lebih sistem operasi namun jikalau salah satu sistem tersebut di hapus dari komputer menyerupai halnya windows 7 dan linux, tapi lantaran tidak adanya boot loader dari sistem itu sehingga sanggup mengakibatkan kesalahan menyerupai di atas. Biasanya kesalahan tersebut juga menyatakan bahwa terjadinya kerusakan pada MBR. Dimana dikala komputer dihidupkan pertama kali, maka kegiatan awal akan memuat sistem BIOS (Basic Input Output System). Nah, alamat memori yang BIOS butuhkan ini yakni MBR atau Master Boot Record. Disinilah kita perlu cara mengatasi error MBR di  windows 7, vista maupun XP.

Namun terkadang banyak pengguna yang menganggap jikalau MBR rusak maka solusinya yakni dengan menginstall ulang windowsnya. Padahal kita sanggup memperbaiki sistem MBRnya tanpa harus menginstall ulang.

CARA MENGATASI ERROR MBR DI WINDOWS XP
1. Lakukan restart komputer, kemudian masukkan CD/DVD windows XP ke dalam komputer/laptop. 
2. Setelah itu pilihlah sajian opsi di bawah dengan menekan tombol R untuk memperbaiki aplikasi windowsnya sampai muncul recovery consolenya. 
3. Tekan angka 1 sehabis recovery console muncul (angkanya diubahsuaikan dengan instalasi windows di  komputer masing-masing) kemudian Enter, kemudian masukan pasword user dari administrator, jikalau tidak ada maka cukup dengan menekan tombol enter. 
4. Nah, sehabis masuk ke dalam mode command prompt, maka ketikan perintah ini kemudian tekan enter: fixmbrdan, sehingga MBR usang akan terganti dengan MBR baru. Sedangkan untuk memperbaiki boot sektor yang rusak, cukup ketikkan perintah: fixboot

Itu yakni cara mengatasi MBR di windows XP, namun jikalau Anda menggunakan windows 7 dan Vista akan berbeda lagi caranya.

CARA MEMPERBAIKI MBR DI WINDOWS 7 DAN WINDOWS VISTA
1. Masukan CD/DVD drive windows 7 atau Vista ke komputer/laptop Anda, dan lakukan booting dari CD/DVD. 
2. Pilihlah bahasa yang dipakai (language), waktu (time), currency dan lainnya kemudian klik Next dan klik "repair tyour computer". 
3. Pilihlah sajian opsi untuk repair sistem operasi kemudian klik Next kemudian Anda akan berada dalam jendela System Recovery Options dan pilih Command Prompt. 
4. Jika Anda menggunakan Windows Vista maka didalam command prompt nya ikuti perintah kemudian tekan Enter: bootrec.exe 
5. Sedangkan jikalau Anda menggunakan Windows 7 maka dalam jendela Command Prompt ketikkan perintah berikut: bootsect/nt60 C:\, Anda harus menyesuakan perintahnya jikalau windows tidak terinstall ke dalam partisi C. 
6. Keluarkan CD/DVD drive sehabis tamat menginstall, kemudian lakukan restart pada komputer. Sehingga windows pada komputer akan berjalan lancar menyerupai semula.

Nah, demikian cara mengatasi error MBR di windows baik itu windows 7, Vista maupun XP. kita sanggup memperbaikinya tanpa perlu menginstall ulang biar bermanfaat bagi Anda semua ya! 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Error Mbr Di Windows 7, Vista Dan Xp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel